3 Cara Generasi Milenial Agar Bisa Beli Rumah

Sebagaimana kita ketahui, harga rumah dan harga tanah semakin hari semakin meningkat. Bahkan peningkatan harganya sangat signifikan setiap tahunnya. Berdasarkan data beberapa sumber, kenaikan harga property di kota besar bisa mencapai 10 persen setiap tahunnya, tentu hal ini akan menjadi masalah khususnya bagi generasi milenial.

Namun faktanya, generasi milenial saat ini kebanyakan bukan merupakan keturunan dari orang yang memiliki bidang tanah yang luas. Sehingga untuk membangun rumah mereka perlu berusaha ekstra untuk menabung dan menyisihkan uang untuk membeli tanah atau rumah yang semakin mahal. Padahal jika dibandingkan, kenaikan pendapatan mereka sangat jauh di bawah kenaikan harga properti yang ada.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara cerdas agar mereka bisa mendapatkan rumah untuk keluarga kecil mereka. Berikut ini adalah 3 cara yang bisa dilakukan oleh generasi milenial menurut pakar Financial Planning.

  1. Carilah Rumah Sesuai Kemampuan

Cara yang pertama tentu saja anda harus mencari rumah dengan harga menyesuaikan kemampuan finansial anda. Berdasarkan penelitian, nilai yang pas untuk sebuah cicilan rumah adalah sekitar 30% dari pendapatan keluarga anda. Hal ini dikarenakan dalam kehidupan sehari hari biasanya dihabiskan sekitar 70% dari pendapatan bulanan.

Misalnya begini, jika gaji anda adalah 7 juta per bulan. Maka cicilan maksimal rumah anda adalah sekitar 2.1 juta Rupiah. Jika anda mencicil dengan harga di atasnya, bisa jadi hal ini akan mengganggu kestabilan ekonomi keluarga anda.

  1. Mulai Menabung

Jika anda ingin membeli rumah, mulailah menabung untuk pembayaran down payment atau uang mukanya. Saat ini rata-rata perumahan menggunakan DP 15-20% yang bisa dicicil selama beberapa bulan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cara menabung dulu baru membayar DP atau dengan menabung sambil mencicil.

  1. Jangan Beli Di Kota Besar

Dan yang lebih penting lagi, sebaiknya generasi milenial tidak membeli rumah di kota besar jika kondisi ekonomi anda tidak memungkinkan. Hal ini dikarenakan harga properti di kota besar terlampau tinggi. Jika penghasilan anda kurang mencukupi, sebaiknya anda membeli yang agak ke pinggir sehingga harganya lebih terjangkau.

Demikian 3 cara yang bisa dilakukan bagi anda generasi milenial yang ingin memiliki dan membeli rumah. Semoga bermanfaat.

News Reporter
shares