4 Tips Membeli Smartphone Second yang Aman

Dalam kondisi tertentu, seseorang tidak selalu memiliki uang dalam jumlah yang cukup sehingga tidak bisa membeli smartphone dalam kondisi yang baru. Dengan keterbatasan itu, dia harus membeli yang second menyesuaikan dengan kondisi keuangannya. Karena biasanya keperluan yang mendesak mengharuskan anda segera memiliki hp baru, misalkan hp lama anda baru saja rusak.

Dalam membeli smartphone second, tentu kita harus lebih berhati-hati. Karena dalam beberapak kasus ada banyak sekali penipuan yang terjadi di beberapa grup jual beli di sosial media. Untuk itu saya memberikan 4 tips bagi anda yang ingin membeli hp second.

  1. Cek harganya di pasaran

Sebelum membeli, tentu akan lebih baik jika anda mengecek harga smartphone tersebut di pasaran untuk kondisi second. Hal ini sangat perlu karena dalam beberapa kasus hp second dijual dengan harga yang mahal atau dijual dengan harga yang murah karena ada banyak minusnya.

Misalkan untuk hp xiaomi note 4. Harga di pasaran untuk garansi resmi dan distributor berbeda cukup jauh. Jangan sampai anda tertipu, dihargai lebih mahal karena ada garansi resmi, eh ternyata aslinya garansi distributor yang seharusnya harganya lebih murah.

  1. Cek kondisi fisik

Setelah melihat harga, anda juga harus mengecek kondisi fisiknya. Apakah segel hpp masih ada atau sudah tidak bersegel. Apakah baterainya masih ori atau tidak. Apakah layar dan body ada kerusakan atau tidak. Dan satu lagi yang penting, pastikan smartphone tersebut bisa dicas. Karena beberapa kasus menyebutkan hp bagus secara fisik, eh ternyata nggak bisa dicas.

  1. Cek kondisi software hp

Setelah melihat fisik yang oke, lanjutkan pengecekan bagian software hp. Apakah dalam kondisi normal ataukah ada masalah seperti hang, softbrick atau semacamnya. Setelah itu pastikan juga bahwa kartu sim bisa terdeteksi, sinyal bisa keluar, untuk yang 4G bisa aktif. Kemudian cek juga fitur lain seperti kamera depan dan belakang, sound, serta kondisi touchscreen layar untuk mengetik.

  1. Pilih transaksi yang aman

Langkah terakhir jika semua kondisi di atas menunjukkan smartphone dalam kondisi OK, maka anda perlu melakukan transaksi yang aman. Bagi yang berbeda kota bisa memanfaatkan fitur Rekening Bersama (Rekber). Sedangkan untuk dalam kota yang sama bisa melalui COD secara langsung.

Demikian 4 tips untuk anda yang ingin membeli smartphone second yang aman. Semoga bermanfaat.

News Reporter