Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil yang Mudah Diterapkan Pemula

Saat hamil bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Malah, di saat ini Anda diharuskan untuk olahraga, lho! Tujuannya tentu saja untuk memperlancar sirkulasi darah dan mempermudah proses persalinan. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adakah yoga untuk ibu hamil.

Tak usah gerakan yang susah-susah. Gerakan ringan saja sudah cukup, kok! Anda bisa melakukan gerakan-gerakan yoga di bawah ini dengan mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini, ya!

1. Yoga Kupu-Kupu

Salah satu gerakan yoga yang mudah diterapkan untuk ibu hamil adalah pose tailor atau disebut juga dengan yoga kupu-kupu. Manfaat yoga untuk ibu hamil yang satu ini adalah untuk melatih otot paha dan mengurangi risiko sakit punggung yang sering dialami ibu hamil. Untuk melakukan gerakan yoga yang satu ini cukup mudah.

Caranya, Anda hanya perlu duduk bersila dengan posisi punggung tegak. Selanjutnya, pertemukan kedua telapak kaki di depan, lalu dorong lutut hingga menyentuh lantai. Selanjutnya, tahan posisi ini sekitar 10 sampai 20 detik. Cukup. Anda bisa mengulanginya beberapa sehari.

2. Gerakan Duduk Bersila

Gerakan yoga yang baik untuk ibu hamil selanjutnya yang mudah dilakukan bahkan bagi pemula adalah gerakan duduk bersila. Manfaat dari gerakan yang satu ini adalah untuk mengencangkan otot sekaligus mengurangi stres selama masa kehamilan. Anda hanya perlu duduk bersila di atas matras yoga, lalu lakukanlah gerakan selanjutnya.

Gerakan itu adalah dengan menarik kedua tangan ke depan dada, lalu tarik dan hembuskan napas secara berulang-ulang. Anda juga bisa menambahkan gerakan lain seperti mengangkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik napas perlahan. Setelah itu turunkan sembari menghembuskan napas perlahan. Mudah, kan?

3. Yoga Ball

Lalu, Anda juga bisa mencoba Yoga Ball. Gerakan yoga yang satu ini ini sangat beruna untuk menjaga keseimbangan selama kehamilan, menguatkan otot-otot perut Anda, bisa juga membantu Anda lebih rileks. Selain itu, gerakan ini juga bisa mengurangi rasa sakit pada bagian punggung yang sering dirasakan ibu hamil.

Cara melakukannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu duduk santai di atas bola dengan posisi punggung tegak. Lalu, bukalah kedua kaki hingga selebar pinggul Anda. Luruskan tangan ke arah depan dan tahan selama 5 hingga 10 detik. Setelah itu, turunkan sembari menghembuskan napas perlahan. Lakukanlah gerakan ini beberapa kali selama olahraga.

4. Standing Yoga

Gerakan yoga selanjutnya yang mudah dilakukan ibu hamil bahkan bagi yang belum pernah mencoba yoga selakipun adalah Standing Yoga. Untuk gerakan ini, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengambil posisi berdiri dengan bukaan kaki secukupnya saja. Selanjutnya, Anda harus mengangkak kaki kanan ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat.

Setelah itu, rentangkan tangan kanan untuk meraih kaki kanan Anda. Anda harus bertumpu pada kaki kiri dengan posisi yang tetap tegak lurus. Tangan kiri Anda juga direntangkan ke depan dan fokus mata adalah pada tangan kiri Anda. Gerakan yang satu ini bermanfaat untuk membantu peregangan di tubuh seperti pada bagian bagu, perut, dada ataupun pinggung.

5. Child Pose

Gerakan selanjutnya yang mudah dilakukan oleh ibu hamil adalah Child pose. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih pernapasan Anda. Selain itu, gerakan ini juga bisa membantu peregangan di pinggul, paha dan punggung. Untuk melakukannya, Anda cukup mengambil posisi bersimbuh dan condongkan badan ke depan.

Usahakan paha dan kepala Anda menyentuh lantai. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menjulurkan tangan ke depan dan tahan selama beberapa saat. Lakukan ini sambil menutup mata dan menarik napas dalam-dalam dan tahan selama lebih kurang 2 menit. Tidak terlalu sulit dilakukan, kan?

Nah, itulah beberapa gerakan yoga untuk ibu hamil yang sangat mudah dilakukan bahkan bagi pemula sekalipun. Selain dengan olahraga, Anda juga perlu menjaga kesehatan Anda dan kandungan Anda dengan makanan bergizi seperti Enfamama A+. Enfamama A+ adalah susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil untuk menunjang kebutuhan gizinya.

News Reporter