5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Bikin Kangen

Yogyakarta akan tetap menjadi kota kenangan yang selalu membuat siapapun akan kembali datang ke Yogyakarta apalagi kota pelajar ini memiliki banyak kuliner nikmat khas.

Kamu bisa mendapatkan harga tiket promo di reservasi.com baik untuk tiket pesawat maupun harga hotel terbaik di Yogyakarta. Tak ada alasan kuat untuk menginap di hotel dekat dengan pusat kota agar bisa menjelajahi beberapa tempat wisata kuliner paling enak di Yogyakata.

Berikut adalah 5 tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang wajib kamu datangi untuk mencicipi makanan enak dan khas kota Yogyakarta.

1. Menikmati Kopi Jos di Angkringan Lik Man

Seperti warung pecel lele di Jakarta, hampir setiap sudut kota di Yogyakarta memiliki warung angkringan yang menjajakan aneka makanan khas Yogyakarta mulai dari sete jeroan usus, babat dan sate sate lainnya hingga tempe dan tahu bacem yang rasanya cukup manis namun tetap legit di lidah.

Selain menawarkan makanan rakyat khas Yogyakarta, kamu juga bisa memesan wedangan atau minuman khas Yogyakarta seperti wedang jahe hingga wedanngan paling spesial namun unik yaitu kopi joss yang dipanaskan dengan cara yang unik karena langsung mencelupkan arang yang masih membara ke dalam gelas kopi.

Cara seperti ini dianggap ampuh untuk menghilangkan masuk angin sehingga sangat nikmat jika diseruput saat setelah hujan atau saat malam hari. Aroma dan rasanya sangat nikmat sehingga kopi Joss ini menjadi sajian unik yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

2. Cicip Jajanan Langka di Kedai Rakjat Jelata

Yogyakarta memiliki sejarah dan warisan budaya melalui warisan kulinernya yang khas. Untuk bisa menikmati beberapa kuliner dan makanan langka khas Yogyakarta kamu bisa datang ke kedai Rakjat ini.

Ada beberapa makanan khusus yang bisa kamu coba langsung di kedai ini sehingga mengingatkan masakan enak yang dimasak oleh nenek ataupun orang tua di kampung pada masa lalu. Kenangan itulah yang bisa didapatkan dari rasa makanan langka bukan hanya soal selera saja.

Selain beberapa makanan langka, kamu juga bisa mendapatkan kuliner kekinian khas anak muda seperti pisang bakar atau roti bakar. Kedai yang berada di jalan Dr. Sutomo ini memiliki sajian favorit yang harus kamu coba.

3. Sate Klatak Pak Pong, Satenya Cinta dan Rangga

Sate ini sudah dikenal beberapa wisatawan dan warga lokal sebelum dijadikan salah satu tempat lokasi syuting Film Ada Apa dengan Cinta yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo dan Nicholas Saputra.

Sate Klatak Pak Pong berbeda dengan sate madura yang menggunakan taburan bumbu kancang yang nikmat. Inilah keunikan dan keistimewaan Sate Klatak Pak Pong yang disajikan tanpa bumbu sama sekali. Bumbunya sudah menyatu saat sete ini dipanggang dengan menggunakan tusuk sate dari jeruji sepeda.

Ternyata ada alasan dibalik penggunaan tusuk sate jeruji besi. Alasan tersebut tak lain karena besi bisa lebih cepat menghantarkan panas. Panas dari dalam itulah yang membuat tingkat kematangan sate Klatak Pak Pong lebih merata luar dan dalam.

Sate Klatak Pak Pong ini beralamat di Jalan Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta. Saat paling tepat untuk mencicipi sate khas ini adalah pada saat malam hari sambil menikmati banyak wedangan khas Yogyakarta.

4. Kedai Susu Kalimilk Yogyakarta

Saat di Jakarta ramai dengan kedai kopi, justri di Yogyakarta malah ramai dan tren dengan kedai susu. Masih banyak masyarakat yang menganggap susu lebih sehat dibandingkan dengan kopi meskipun kadang susu juga kerap dijadikan sebagai tambahan kopi.

Bahkan dengan inspirasi kedai susu yang menjamur di Yogyakarta malah bermunculan franchise kedai susu dengan aneka rasa seperti minuman kekinian anak muda dengan berbagai varian rasa dan topping yang beragam juga.

Bagi yang suka rasa plain atau original pun bisa langsung dipesan di kedai susu Kalimilk ini. Salah satu yang membuat kedai ini cukup terkenal karena salah satu pioneer kedai susu di kawasan Kaliurang Yogyakarta.

Selain bisa menikmati susu segar dengan aneka rasa, kamu juga bisa memesan makana lainnya seperti sosis bakar, kentang goreng hingga aneka macam makanan ringan lainnya yang kekinian.

Kedai susu ini juga punya sebutan yang unik pagi para pelanggannya yaitu neneners. Neneners adalah sebutan bagi mereka yang doyan minum susu.

5. Gudeg Pawon, Juaranya Gudeg Yogyakarta

Salah satu makanan khas Yogyakarta ini memang menjadi kuliner wajib yang bisa disantap baik untuk sarapan maupun makan siang. Biasanya gudeg dijajakan oleh mbah mbah. Namun ada satu gudeg yang wajib kamu coba di sekitar Umbul Harjo yaitu Gudeg Pawon.

Coba saja cari hotel termurah di Jogja yang dekat dengan beberapa tempat wisata ini. Dijamin kamu tidak akan rugi sama sekali berdekatan dengan makanan enak khas Yogyakarta.

News Reporter
shares